PEMANFAATAN SUMBER DAYA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN (IPS)

Pemanfaatan  Sumber Daya Untuk Memenuhi Kebutuhan (Ips)

Manusia memiliki kebutuhan dengan beraneka ragam dan untuk memenuhinya diperlukan berbagai sumber daya. Pada saat lapar, kalian pasti membutuhkan makanan. Makanan ini ada yang dapat langsung dimakan, seperti buah-buahan, tetapi ada juga yang membutuhkan proses pengolahan terlebih dahulu, seperti nasi, sayur, dan lauk.

Kebutuhan manusia yang tidak terbatas inilah yang merupakan awal munculnya permasalahan ekonomi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, manusia semakin banyak membutuhkan sumber daya, sementara jumlah sumber daya yang tersedia, terbatas jumlahnya. Berikut ini jenis-jenis sumber daya yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia :

A. Sumber Daya Alam
Sumber daya alam merupakan segala bentuk kekayaan alam yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Sumber daya alam ada dua yaitu, yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui. Buah-buahan, padi, sayur-sayuran dan hasil hutan merupakan sdm yang dapat diperbarui. Sedangkan bahan tambang, minyak bumi,  dan gas alam merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Contoh Pemanfaatan SDM untuk kebutuhan manusia.

1.Pertanian
Pertanian merupakan suatu kegiatan yang berkaitan dengan pemanfaatan dan pengolahan tanah untuk mendapatkan hasil pertanian.

2.Perikanan
Perikanan adalah salah satu bentuk pemanfaatan sumber daya perairan. Kegiatan ini adalah penangkapan, pemeliharaan, dan pembudidayaan ikan. Proses ini dapat dilakukan di perairan laut, danau, sungai dn kolam.

3.Peternakan 
Peternakan adalah sebuah kegiatan pemeliharaan  dan pembiakan hewan ternak untuk diambil hasil nya. Peternakan ini meliputi peternakan sapi, kerbau, ayam, itik, burng puyuh.

4.Pertambangan
Bahan tambang ini ditemukan didalam maupun dipermukaan tanah. Hasil tambang misalnya emas, perak, tembaga, biji besi, bauksit, batu  bara, minyak bumi, dan gas.

5.Pariwisata
Keindahan alam indonesia bisa memberikan nilai ekonomis melalui kegiatan pariwisata. Kegiatan pariwisata menyediakab hiburan, kenyamanan, keindahan, dan pengalaman baru. Berbagai objek wisata alam misalnya gunung, pantai, danau, air terjun, hutan wisata, kebun binatang, persawahan, sumber air panas, dan laut.

Untuk memanfaatkan sumber daya alam harus dilakukan dengan hemat dan bijaksana. Salah satu caranya dengan melakukan daur ulang sampah.

B. Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia merupakan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan, ada sumber daya yang dapat langsung digunakan dan ada juga yang harus diolah dahulu.  Sumber daya manusia dapat berupa tenaga kerja dan kewirausahaan.

Tenaga kerja adalah penduduk yang ikut aktif dalam kegiatan produksi. Contohnya orang yang mengoprasikan mesin di pabrik.

Kewirausahaan adalah semangat, sikap, dan prilaku seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan ekonomi sehingga bisa menghasilkan keuntungan.

Baca Juga: Batas landas kontinen dan zona ekonomi eksklusif

C. Sumber Daya Modal
Modal adalah sumber daya buatan manusia yang dignakan untuk membntu atau memudahkan proses produksi. Modal dapat berupa uang, barang, peralatan, dan mesin-mesin. Contoh adalah sarana listrik sebagai modal masyarakat.

No comments for "PEMANFAATAN SUMBER DAYA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN (IPS)"