Memahami 10 Asmaul Husna Beserta Dalil Dan Artinya

Memahami 10 Asmaul Husna Beserta Dalil Dan Artinya

Asalamualaikum teman-teman pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang Asmaul Husna.

Jumlah keseluruhan Asmaul Husna adalah 99 nama, namun dari dari 99 tersebut kali ini penulis akan membahas 10  Amaul Husna dahulu. Dari ke-10 Asmaul Husna tersebut adalah Al-Aziz, Al- Wahhab, Al-Fattah,  Al-Qayyum, Al-Hadi, At- Tawab, Ar-Raqib, Al-Qadir, Al-Mumit, dan Al-Khalik.

Asmaul Husna secara bahasa artinya nama-nama yang baik. Nama-nama tersebut sesuai dengan keagungan Allah.  Asmaul Husna yang sering disebut dalam al-Quran antara lain :

1.Al-Aziz ( Mahaperkasa )
Keperkasaan Allah tidak terbatas dan terus-menerus. Adapun keperkasaan mahluk sangat terbatas. Segagah apapun manusia dalam waktunya ia akan mati.  Demikian mahluk lain. Dalil bahwa Allah Mahaperkasa adalah sebagaimana firman-Nya dalam surat ali imran 3 ayat 62. Yang artinya Sesungguhnya ini adalah kisah yang benar dan tiada tuhan (yang berhak disembah) selain Allah. Dan sesungguhnya allah, Dialah yang Memperkasa lagi Mahabijaksana.

2.Al-Wahhab (Maha Pemberi )
Dikalangan manusia terkenal istilah  dermawan, artinya orang yang suka memberi. Allah Maha pemberi kepada mahluk-Nya. Misalnya, Dia memberi rezeki, memberi jodoh, memberi kedudukan, dan lain-lain. Maha pemberi-nya Allah disebut al-wahhab. Selain itu, sifat dermawan manusia sangat terbatas. Terkadang manusia memberikan sesuatu karena ada maksud tertentu. Adapun al wahhab (kedermawanan) Allah sngat tidak terbatas, terbukti, Allah memberikan nikmat berupa rezeki, kesehatan, dan kepintaran kepada setiap manusia, baik yang taat maupun yang ingkar kepada-Nya.

3.Al-Fattah ( Maha Pembuka )
Allah Maha pembuka hati manusia yang berduka, sedih dan putus asa, selama manusia memohon kepada-Nya. Selain itu, Dia maha pemberi rahmat (kasih sayang). Hal ini sesuai firman-Nya dalam surah al-an’am 6 ayat 44. Yang artinya Tatkala mereka lupa apa yang diperingatkan kepada mereka, kami bukakan bagi mereka beberapa pintu tiap-tiap sesuatu (nikmat dan kesenangan), sehingga apabila mereka telah bersuka ria dengan apa yang meraka dapat, lalu sekonyong-konyong kami sksa mereka, hingga meraka berputus asa.

4.Al-Qayyum (Maha Berdiri Sendiri)
Alqayum artinya allah maha berdiri sendiri  maksudnya .dia tidak membutuhkan bantuan
Yang lain. Contohnya. Dalam penciptaan alam semesta beserta isinya .allah menciptakannya
Sendiri tanpa bantuansiapapun.dalammelakukan sesuatu atau jika berkehendak terjadi sesuatu.allah cukup mengucap’kan’  [ terjadilah] ‘
Berbeda dengan allah. Manusja  atau makluk lainnya memerlukan bantuan yang lain. Segala sesuatu yang memerlukan pertolongan atau bantuan menunjukan ketidaksempurnaan. Allah adalah zt Yang Maha Pemberi pertolongan.

5.Al-Hadi (Maha Pemberi Petunjuk)
Allah memberikan petunjuk kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya. Pentujuk Allah kebenarannya mutlak. Allah mengetahui siapa yang pantas diberi petunjuk dan siapa yang tidak, Sebaliknya, petunjuk manusia relatif sifatnya, apalagi kebenaranya. Oleh karena itu, sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk yang diberikan Allah, yaitu al-quran. Al-quran adalah keterangan dari Allah yang menjadi petunjuk  bagi manusia.

6.At-Tawab (Maha Pemberi Tobat)
Manusia merupakan mahluk yang tidak luput dari kesalahan. Ada kalanya berbuat baik, ada kalanya baik dan manusia khilaf bisa berbuat salah. Jika melakukan kesalahan kepada sesama manusia minta maaflah  kepada manusia yang bersangkutan.  Apabila berbuat salah keada Allah, bertobatlah.  Allah memiliki sifat Maha Pemberi Tobat (at-tawwab)

7.Ar-Raqib (Maha Mengawasi)
Allah Maha mengawasi (ar-raqib), tidak ada satu hal pun yang dapat disembunyikan dari-Nya.  Jangankan gerak-gerik,  perasaan hati mahluk-Nya pun Allah tau.  Engetahui bahwa Allah maha mengawasi,  akan menyadarkan kita  agar senantiasa bertingkah laku yang baik dan berhati bersih.

8.Al-Qadir (Mahakuasa)
Al-Qadir artinya Allah Mahakuasa. Maksudnya, dia memiliki kekuasaan yang tidak terbatas dan tidak tertandingi. Allah berkuasa atas seluruh umat-Nya. Allah mengatur, menata, dan menentukan segalanya. Tidak ada yang mampu melawan dan mengungguli kekuasaan-Nya.

9.Al-Mumit (Maha Mematikan)
Allah bisa mencabut nyawa manusia kapanpun dia menghendaki. Allah Maha Mematikan (al-mumit). Tugas manusia bukan mencari mati, tetapi bagaimna dia menyambut kematian yang bisa datang kapanpun. Tentang Allah Yang Maha Mematikan dijelaskan dalam al-quran surah Qaf 50 ayat 43. Yang artinya sesungguhnya kami menghidupkan dan mematikan  dan hanya kepada kami lah tempat kembali (semua mahluk)

10.Al-Khalik (Maha Pencipta)
Al-Khalik artinya maha pencipta. Maksudnya dialah yang menciptakan seluruh penghini jagad raya. Allah disebut khalik  karena Allah menciptkan mahluk. Allah maha pencipta, di mampu menciptakan  segal sesuatu, yang kecil, besar, banyak, sedikit, dan yang rumit sekalipun. Tentang Allah Maha Pencipta disebtkan dalam al-quran surah ar-ra’d 13 ayat 16. Yang artinya Allah adalah Pencipta segala sesuatu dan Dialah Tuhan Yang  Maha Esa lagi Maha Perkasa.

Baca Juga:

Sifat-sifat wajib dan mustahil bagi Allah


Sekian artikel ini, penulis minta maaf bila banyak kesalahan dalam penulisan. Sumber :Buku pendidikan Agama Islam Moh.Fauzi A.G.

No comments for "Memahami 10 Asmaul Husna Beserta Dalil Dan Artinya"